Mencari Uang Melalui Situs Web

Setiap kali orang berbicara tentang mencari penghasilan di web, pastilah yang pertama kali terlintas adalah iklan. Orang menjual "mata" pengunjung sebuah situs. Semakin banyak "mata" yang mengunjungi sebuah situs, semakin tinggi harga yang bisa diminta pada pemasang iklan.

Hal tersebut telah berlangsung lebih dari 1 dasawarsa. Namun dengan bergulirnya waktu, banyak perubahan yang telah terjadi. Era dotcom berlalu secepat era itu datang. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari era dotcom tersebut. Ternyata kita tidak hanya bisa mengandalkan penerimaan dari pemasang iklan saja. Situs-situs web baru bermunculan bak cendawan di musim hujan, dan semuanya bersaing untuk mendapatkan uang dari pemasang iklan. Lalu, apakah ini berarti kita tidak bisa lagi mendapatkan uang melalui situs web?




Salah satu pelajaran penting dari era dotcom adalah kreativitas. Yah, kreativitas adalah kunci sukses dalam berbisnis. Jelas hal ini berlaku bukan hanya di dunia maya, tapi di dunia maya, pintu untuk kreativitas terbuka lebih lebar. Selain itu, karena teknologi tersedia bagi siapa saja, maka orang dengan cepat dan mudah menjiplak keberhasilan Anda. Oleh sebab itu Anda tidak boleh berhenti untuk berinovasi dalam mencari dan menerapkan ide-ide baru Anda.

Masih banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari situs web Anda. Petama, menjual ruang iklan masih tetap bisa Anda lakukan, walau hasilnya tidak lagi sespektakuler dulu. Selain itu, Anda juga bisa mencari sponsor bagi situs web Anda.

Kunci utama adalah Anda harus memastikan bahwa situs web Anda memiliki daya tarik yang kuat. Sebagai contoh, situs berita Detikcom, kini kewalahan menampung permintaan calon pengiklan hingga terpaksa mereka melelang spot-spot yang paling diincar para pengiklan. Semua itu bisa terjadi karena Detikcom memuat konten yang diinginkan pengunjung, dan "mata" yang bisa dijual bukan main banyaknya.

Cara yang lain adalah dengan mengarahkan "mata" pengunjung ke situs lain yang memiliki program kemitraan dengan Anda. Bila seseorang mengunjungi Amazon.com dan membeli buku di sana karena Anda telah membimbingnya ke sana, misalnya, maka Anda berhak mendapatkan komisi. Cara berbisnis seperti ini sudah cukup lama dilakukan para netter.

Model bisnis lainnya adalah dengan mengirimkan e-mail yang berisikan informasi yang berguna bagi mereka yang menginnginkannya. E-mail ini juga bisa membawa iklan. Namun, Anda harus memastikan bahwa e-mail Anda bukan spam Anda hanya mengirimkan e-mail ke pemakai Internet yang memang menginginkannya. Lalu, bila seorang penerima e-mail Anda telah menyatakan bahwa dia tidak lagi ingin Anda kirimi e-mail, maka Andapun harus menghormatinya dan menghapus namanya dari daftar penerima e-mail Anda berikut.

Akhirnya bisnis apapun yang coba tekuni di Internet, kuncinya hanya satu ayitu KREATIVITAS. Selamat berkreasi untuk mengisi pundi-pundi uang Anda lewat dunia maya.

9.08.2009 1 komentar

1 komentar:

  1. Yogy mengatakan...:

    Sungguh sulitnya bukan main biar rupiah ke kantongku.
    Saya hanya bisanya ngomong tok tanpa adanya action
    Bisnis reseller yang dikatakan bapak belum saya coba. Mungkin itu yang mau saya coba dulu, kayane asyik lhu. Tapi yang lokal aja.
    Wah..ajak2 dong pak klo ada bisnis online :-D

Posting Komentar

Thanx 4 Ur comment! Yah walau masih ngaco gak papa khan daripada apa yang jadi uneg-uneg gak dikeluarin. Moga-moga dari yang ngaco ini bisa jadi bahan untuk sharing ...