Ada Apa Dengan Puasa?

Puasa merupakan salah satu aktivitas yang sangat dibutuhkan tubuh. Ada banyak manfaat yang akan kita dapatkan jika kita berrpuasa. Orang yang berpuasa akan mengosongkan perutnya dari makanan dan minuman selama kurang lebih empat belas jam, sehingga organ pencernaan kita akan beristirahat dari tugasnya yang panjang selama berbulan-bulan mengolah makanan. Manusia saja perlu istirahat, demikian pula organ-organ dalam kita, tentu perlu beristirahat.



Dilihat dari segi kesehatan, puasa bisa menghilangkan berbagai penyakit. Diabetes adalah salah satu penyakit dimana dengan berpuasa kadar gula si penderita akan stabil. Orang yang berpuasa akan berkurang jumlah kalorinya, sehingga mempengaruhi insulin dan kadar gula yang tinggi menjadi stabil. Penyakit lain yang bisa disembuhkan adalah penyakit kulit. Jumlah cairan di dalam tubuh orang yang berpuasa akan berkurang, demikian pula dengan jumlah cairan yang ada di kulit, sehingga kulit akan lebih kuat dari mikroba. Manusia membutuhkan energi untuk beraktifitas, namun ketika berpuasa sumber kalori yang masuk akan berkurang. Kemudian energi diambil dari cadangan lemak dalam tubuh. Dalam proses perubahan inilah terjadi pembuangan racun dari dalam tubuh yang selama ini tertimbun di dalam cadangan lemak. Bahkan dengan berpuasa bisa memperbaiki kolesterol darah. Pastinya sudah tau kan bahwa kolesterol itu yang menyebabkan stroke dan jantung. Berpuasa bisa meningkatkan lemak baik dan menurunkan lemak jahat. Dengan berkembangnya ilmu medis pastinya masih banyak manfaat dari puasa.

Orang yang berpuasa akan meningkat kesabarannya. Sabar akan menunggu waktu berbuka adalah salah satu latihan untuk meningkatkan rasa sabar. Kita juga bisa merasakan rasa laparnya orang-orang yang tidak mampu, rasa sayang kita terhadap sesama juga akan meningkat. Belum lagi dengan diiming-imingi pahala yang berlipat ganda sebagai bekal kita di akhirat, akan membuat kita berbuat banyak amal kebaikan.

Well, dari segudang manfaat puasa, apa masih ada yang ga mau puasa?

8.22.2009 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar

Thanx 4 Ur comment! Yah walau masih ngaco gak papa khan daripada apa yang jadi uneg-uneg gak dikeluarin. Moga-moga dari yang ngaco ini bisa jadi bahan untuk sharing ...